Skip to main content
Ada yang Belum Tahu? Saat Parkir Motor, Lebih Baik Pakai Standar Samping atau Tengah? Biar Gak Cepat Rusak Jangan Sembarangan, Simak Penjelasan ini...

Ada yang Belum Tahu? Saat Parkir Motor, Lebih Baik Pakai Standar Samping atau Tengah? Biar Gak Cepat Rusak Jangan Sembarangan, Simak Penjelasan ini...

Saat Parkir Motor, Lebih Baik Pakai Standar Samping atau Tengah?

Saat ingin parkir motor sehabis dipakai berkendara, lebih baik pakai standar samping atau standar tengah?

Meskipun terdengar sepele, salah memilih dalam menggunakan standar di motor dapat berdampak pada komponen di motor.

Nah buat motor yang dilengkapi dua jenis standar, berikut ini penjelasan dari mekanik bengkel resmi dalam menggunakan standar yang tepat.

“Penggunaan standar samping lebih cocok buat motor yang ingin diparkir hanya sebentar atau dalam jangka pendek,” terang Adi Prasodjo, kepala mekanik Yamaha Dinamika Motor, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Sebab jika pakai standar samping untuk parkir motor dalam jangka panjang, dampaknya bisa bikin sokbreker bocor dan ban berubah bentuk.

“Pada saat standar samping, tumpuan beban motor hanya ada di sebelah kiri. Sokbreker kiri pasti lebih rentan bocor dan profil ban bisa berubah,” jelasnya.

Posisi motor dengan standar tengah. GridOto
Posisi motor dengan standar tengah. GridOto

Oleh sebab itu, parkir dalam waktu lama lebih baik menggunakan standar tengah di motor atau paddock buat motor tanpa standar tengah.

Halaman Selanjutnya

Selain itu, pemakaian standar tengah juga dianjurkan jika motor dalam kondisi panas seperti habis dipakai perjalanan jauh.

“Dalam kondisi rangka dan mesin panas, sering pakai standar samping bisa berpengaruh pada usia pakai engine mounting di motor,” ungkap Adi.

Umur pakai engine mounting bisa menjadi lebih pendek jika kalian biasa gunakan standar samping.

Kalau jarang dipakai, standar tengah di motor juga rentan macet sehingga sebaiknya dipakai bergantian buat parkir motor.

Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang kapan harus pakai standar samping atau standar tengah di motor.

Sumber: Gridoto.com

Halaman Awal


CLOSE ADS
CLOSE ADS