Skip to main content
Bukan Kaleng-kaleng, Wanita Anggota TNI AL yang Baru Dilantik Presiden Jokowi Ini Simpan Segudang Prestasi hingga Dijuluki Superwoman

Bukan Kaleng-kaleng, Wanita Anggota TNI AL yang Baru Dilantik Presiden Jokowi Ini Simpan Segudang Prestasi hingga Dijuluki Superwoman

Bukan Kaleng-kaleng, Wanita Anggota TNI AL yang Baru Dilantik Presiden Jokowi Ini Simpan Segudang Prestasi hingga Dijuluki Superwoman

Dalam dunia militer, prestasi tak hanya diraih para pria tetapi juga wanita termasuk anggota TNI AL yang baru dilantik Presiden Jokowi.

Salah satunya ialah wanita anggota TNI AL yang baru dilantik Presiden dan berjuluk superwoman (wanita super).

Siapakah wanita anggota TNI AL yang berjuluk superwoman tersebut?

Dia adalah Letda Laut (S/W) Salma Amalia Zakaria.

Salma Amalia merupakan salah satu dari 101 lulusan Akademi Angkatan Laut yang baru saja dilantik Presiden Jokowi, pada Selasa (13/7/2021) kemarin.

Ya, sebagaimana dilansir dari laman presidenri.go.id, Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri 2021

Pelaksanaan upacara dan pengambilan supah tersebut berada di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 65/TNI Tahun 2021 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 66/Polri Tahun 2021.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi melantik 700 calon perwira remaja (capaja) yang terdiri dari matra TNI dan Kepolisian.

Para perwira yang dilantik terdiri atas 227 lulusan Akademi Militer, 101 lulusan Akademi Angkatan Laut, 91 lulusan Akademi Angkatan Udara, dan 281 lulusan Akademi Kepolisian.

Satu dari 101 lulusan Akademi Angkatan Laut yang dilantik Presiden Jokowi yaitu, Letda Laut (S/W) Salma Amalia Zakaria.

Salma rupanya memiliki prestasi yang tak bisa diremehkan.

Melansir dari laman Instagram @tni_angkatan_laut, profil Letda Salma Amalia Zakaria akhirnya terungkap.

Wanita kelahiran Bogor 3 Januari 1999 itu merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan (Alm) H. Zakaria bin H. Hasan dan Indah Setianingsih.

Halaman Selanjutnya

Taruni AAL Angkatan ke-66 ini mempunyai segudang prestasi di berbagai cabang olah raga.

Gadis lulusan SMAN 48 Jakarta merupakan penghobi olahraga renang.

Anggota korps Suplay/wanita (S/W) ini bahkan mengantongi 15 medali selama menjalani pendidikannya di AAL.

Sepuluh di antaranya merupakan perolehan juara pertama.

Wanita anggota TNI AL yang berprestasi, Salma Amalia Zakaria. Instagram @tni_angkatan_laut
Wanita anggota TNI AL yang berprestasi, Salma Amalia Zakaria. Instagram @tni_angkatan_laut

"Letda Laut (S/W) Salma Amalia Zakaria yang akrab dipanggil Salma layak disebut superwoman karena segudang prestasinya di berbagai cabang olahraga, terutama cabang renang. Tercatat 15 medali telah ditorehkan sepanjang karir pendidikannya di AAL, sepuluh diantaranya merupakan juara pertama," tulis @tni_angkatan_laut.

Tak hanya itu, kompetisi yang diikuti Salma merupakan tingkat internasional.

"Kompetisi yang diikutinya pun bukan sembarang kompetisi. Salah satu juara pertama yang diraihnya merupakan kompetisi International Nautical Competition yang dilaksanakan di Karachi, Pakistan pada 2020 silam," imbuhnya.

Lewat kolom keterangan tersebut, akun media sosial resmi TNI AL itu turut mencatat segudang prestasi yang diraih Salma.

"Selain itu, prestasi lain yang diperoleh oleh Letda Salma didapat pada kompetisi Pekan Olahraga TNI AL (Poral) tahun 2018 pada cabang renang gaya dada 100 meter dan renang estafet gaya bebas 4x100 meter.

Pada Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Piktar) 2019 Letda Salma menyabet empat juara pertama sekaligus pada cabang renang gaya dada 100 meter, renang estafet gaya bebas 4x100 meter, renang gaya dada 50 meter, serta cabang military pentathlon.

Prestasi lain yang juga diraih oleh Letda Salma yaitu Bintang Trisakti Wiratama Perak, Dira Trengginas Emas dan Perak karena kesempataannya yang baik, serta Ati Tanggon Emas karena kepribadiannya yang baik, Ati Tanggap Perak dan Perunggu karena prestasinya yang baik," bebernya.

Selain itu, wanita pemilik akun Instagram @salmazakaria itu tak hanya dikenal berprestasi tetapi juga rendah hati.

Sumber: Grid.id

Halaman Awal


CLOSE ADS
CLOSE ADS