Skip to main content
Manfaat Bangle untuk Kesehatan: Bantu Atasi Rematik, Panas Demam, Obat Cacingan, dan Masih Banyak Lagi Manfaat Lainnya, Simak Selengkapnya

Manfaat Bangle untuk Kesehatan: Bantu Atasi Rematik, Panas Demam, Obat Cacingan, dan Masih Banyak Lagi Manfaat Lainnya, Simak Selengkapnya

Manfaat Bangle untuk Kesehatan, Bantu Atasi Rematik, Demam, Hingga Obat Cacingan

Manfaat bangle rupanya cukup berguna untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Bangle atau Zingiber cassumunar adalah tanaman rempah-rempah yang masuk dalam anggota temu-temuan.

Meski tidak semua orang tau dengan tanaman herbal ini, bangle nyatanya merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang sudah lama dikenal di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Khasiat bangle sendiri sudah banyak diketahui oleh masyarakat secara turun-temurun. Salah satu khasiat bangle yang dipercaya adalah mengurangi peradangan.

Tanaman ini juga digunakan untuk membantu dalam merawat kulit. Bukan itu saja, bangle juga digunakan sebagai antiseptik atau penangkal infeksi karena memiliki sifat analgesik.

Lantas, apa saja manfaat bangle untuk kesehatan? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman sehatq dan berbagai sumber, Jumat (9/7/2021):

Bersifat Anti-Radang

Bangle disebut mengandung senyawa seperti fenilbutanoid, dimetoksifenil butadiene, dan cassumunaguinon yang dilaporkan memiliki sifat antiradang.

Selain itu, senyawa fenolik dalam bangle juga memiliki kemampuan untuk menghambat enzim sikooksigenase dan lipooksigenase, sehingga mampu menghalangi inflamasi dalam tubuh.

Senyawa fenolik juga disebut penting untuk menghalangi penumpukan leukosit, degranulasi neutrofol, dan pelepasan histamin. Selain dikonsumsi, bangle juga bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit atau luka dengan dijadikan sebagai obat oles.

Atasi Sakit Perut

tanaman herbal bangle

Bangle yang memiliki bentuk mirip seperti jahe ini juga disebut-sebut berkhasiat untuk bantu atasi sakit perut. Sakit perut yang mengganggu bisa coba diatasi dengan memanfaatkan campuran rimpang bangle dan rimpang jahe yang sudah diparut.

Halaman Selanjutnya

Caranya dengan mencampurkan parutan rimpang jahe dan bangle ke dalam satu gelas air bersih, lalu tambahkanlah perasan air jeruk nipis dan satu sendok makan madu, aduk hingga merata. Minumkan larutan campuran ini secara rutin hingga rasa sakit perut mereda.

Turunkan Panas Demam

Mirip dengan jahe, rimpang dari tanaman bangle memiliki rasa pedas yang sangat menyegarkan. Hal itu membuatnya disebut ampuh bantu turunkan panas dan demam.

Untuk menurunkan demam, Anda bisa mencampurkan sejumput rimpang bangle yang sebelumnya sudah diparut ke dalam air hangat. Tambahkan jeruk nipis lalu aduk hingga merata dan minum hingga habis.

Selain untuk demam, bangle juga bisa bantu meredakan sakit kepala. Haluskan bangle lalu campurkan dengan sedikit air. Aduk hingga menjadi krim yang kental lalu pijatkanlah kepala Anda dengan menggunakan krim bangle tersebut.

Atasi Rematik

Bagi Anda yang memiliki rematik, memanfaatkan bangle bisa dijadikan sebagai salah satu alternati pengobatan. Tumbuk hingga bangle menjadi halus lalu tambahkan dengan sedikit air hangat hingga menjadi krim kental.

Tambahkan juga arak cina ke dalam krim untuk meningkatkan kualitas dari krim dalam mengatasi masalah rematik. Lalu oleskan di bagian rematik Anda.

Obat Cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang umum terjadi pada siapa saja. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi cacingan adalah dengan bangle.

Tumbuklah bangle secukupnya lalu tambahkan sedikit ketumbar dan beberapa lembar daun sirih. Campurkan adonan ke dalam air lalu rebuslah air tersebut hingga mendidih. Saring terlebih dahulu air campuran lalu minum selagi masih hangat.

Memiliki Kandungan Antoksidan

Tanaman bangle memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berasal dari cassumunarin A, cassumunarin B dan cassumunarin C. Makanan dan minuman yang memiliki kandungan antioksidan tinggi bisa menjaga kondisi tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit berbahaya serta baik untuk kulit.

Disebutkan pula jika bangle juga memiliki potensi yang dapat dijadikan sebagai tabir surya untuk melindungi tubuh dari radiasi sinar ultraviolet (UV).

Halaman Selanjutnya

Sebagai Penekan Kerusakan Hati

Senyawa bioaktif kurkumin dan kasumunin di dalam bangle mampu menekan kerusakan hati. Hal ini ditandai dengan menurunnya kadar SGOT dan SGPT keduanya merupakan enzim yang akan hadir jika sel-sel dalam hati mengalami kerusakan.

Melansir dari sehatq, sebuah studi mengenai khasiat bangle ini baru dilakukan pada tikus. Karena itu, masih perlu riset lebih lanjut untuk memperkuat temuan ini.

Sebagai Antikanker dan Imunostimulan

Tanaman bangle memiliki kandungan fenilbutenoid yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan tersebut sangat ampuh dalam mencegah aktifnya sel kanker dan penyakit imunostimulan atau autoimun.

Perbedaan Tanaman Bangle dan Jahe

tanaman herbal bangle

Tanaman bangle dan jahe adalah salah satu tanaman rempah yang seringkali sulit untuk dibedakan karena secara tampilan, keduanya terlihat sangat mirip. Adaun beberapa perbedaannya adalah:

Tanaman Bangle

tanaman herbal bangle

  • Tidak bisa tumbuh di tanah yang terlalu basah dan lembab
  • Daun dari tanaman bangle memiliki aroma yang keras dan tajam
  • Memiliki warna daging yang lebih kekuningan dan cerah
  • Mempunyai rasa pedas yang ringan dengan sedikit sentuhan rasa pahit

Tanaman Jahe

Tanaman Jahe

  • Mudah tumbuh di berbagai kondisi tanah yang berbeda-beda
  • Daun dari tanaman jahe nyaris tidak memiliki aroma khas
  • Warna daging yang lebih pucat dan lebih mengarah ke warna putih
  • Rasa pedas yang sangat kuat dengan aroma khas

Sumber: Merdeka.com

Halaman Awal


CLOSE ADS
CLOSE ADS