Skip to main content
Manfaat Buah Anggur Merah Bagi Kesehatan Cukup Banyak, Inilah 6 Manfaat Buah Anggur Merah bagi Kesehatan, Penting Dikonsumsi Teratur

Manfaat Buah Anggur Merah Bagi Kesehatan Cukup Banyak, Inilah 6 Manfaat Buah Anggur Merah bagi Kesehatan, Penting Dikonsumsi Teratur

6 Manfaat Buah Anggur Merah bagi Kesehatan, Penting Dikonsumsi Teratur

Manfaat buah anggur merah bagi kesehatan cukup banyak. Beberapa orang mungkin belum mengetahui bila buah kecil satu ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan, di antaranya menjaga kesehatan mata dan melawan penyakit kanker.

Perlu diketahui bahwa Anda bisa mendapatkan manfaat buah anggur ketika mengonsumsinya secara langsung, atau sudah diolah seperti menjadi jelly, jus, selai, dan lain sebagainya.

Secara umum, anggur ini mengandung 70 persen air dan 20 persen zat gula, sedangkan 10 persen lainnya berbentuk asam folat, asam galat, glukosida, sejumlah vitamin, mangan, zat besi juga kalsium.

Selain itu anggur juga mengandung antioksidan seperti polifenol dan resveratrol. Beragam kandungan itulah yang membuat buah anggur merah ini sangat istimewa dan mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah aneka manfaat buah anggur merah bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Turunkan Berat Badan

Manfaat buah anggur merah yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Dalam buah anggur ini terdapat senyawa antioksidan flavonoid yang selama ini diteliti dapat menangani masalah berat badan.

Mengonsumsi satu cup atau sekitar 125 gram buah anggur setara dengan 100 kalori. Buah anggur dapat menjadi salah satu pilihan camilan yang sangat sehat.

Terutama bagi kalian yang sedang menjalankan program mengidealkan badan.

Manfaat buah anggur merah ini tentunya juga cocok untuk Anda yang sedang menerapkan program diet sehat.

Jaga Kesehatan Mata

Manfaat buah anggur merah selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan mata. Buah kecil ini mengandung lutein dan juga zeaxanthin yang bersifat antioksidan dan begitu penting untuk kesehatan mata Anda.

Halaman Selanjutnya

Kedua antioksidan tersebut pada nantinya akan membantu melakukan penyaringan gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget dan juga akan membantu melindungi sel-sel mata Anda.

Bahkan dijelaskan dalam sebuah penelitian bahwa buah anggur yang dikonsumsi teratur akan membantu mencegah terjadinya gangguan pada mata khususnya di bagian retina misalnya seperti degenerasi makula.

Perlu diketahui juga bahwa dengan mengonsumsi ekstrak biji anggur ternyata juga mampu membantu mengurangi rasa stres pada mata akibat melihat sinar yang terlalu terang.

Menjaga Kesehatan Kulit

Mampu menjaga kesehatan kulit adalah salah satu manfaat yang bisa Anda petik ketika mengonusmi buah anggur merah. Kandungan air yang sangat tinggi dalam anggur akan berfungsi menjaga kesehatan kulit Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan, buah anggur ini ternyata dikemas dalam senyawa fitonutrien yang begitu ampun dalam melindungi sel kulit. Sehingga pada nantinya sel kulit akan terlindungi dari efek radiasi sinar ultraviolet atau UV.

Lawan Penuaan Dini

Manfaat buah anggur merah berikutnya adalah mampu melawan penuaan dini. Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata buah anggur ini juga sangat berguna untuk menjaga kecantikan kalian.

Buah ini diketahui mampu mempercantik kulit. Hal itu disebabkan karena nutrisi serta vitamin yang sangat kaya pada buah anggur. Ini begitu sangat baik untuk kesehatan kulit wajah.

Selain itu juga mampu membantu melindunginya dari ragam masalah seperti kulit kusam, kering dan juga pecah-pecah.

Melawan Penyakit Kanker

Manfaat buah anggur merah ini juga dapat mencegah atau bahkan melawan penyakit kronis yakni kanker.

Halaman Selanjutnya

Buah anggur mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan para ahli menyebut kandungan ini amat baik dalam mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh.

Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi anggur secara rutin adalah kanker paru, mulut, kanker faring, kanker rahim, kanker usus besar, kanker pankreas hingga kanker prostat.

Pada penelitian di National Cancer Institute menemukan bahwa ekstrak pada kulit anggur merah juga mengandug polifenol yang sangat ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh manusia.

Sehatkan Otak

Manfaat buah anggur merah lainnya adalah dapat menjaga kesehatan otak Anda. Hal ini disebabkan resveratrol yang mampu memperlancar peredaran darah menuju otak.

Darah dibutuhkan otak sebagai salah satu sumber oksigen dan juga zat gizi yang berfungsi dengan baik. Sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa resveratrol ini membantu memperkuat daya ingat. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa buah-buahan kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif sehingga memperlambat penuaan.

Selain itu ini akan meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik, serta mengatasi gangguan saraf otak, misalnya seperti penyakit Alzheimer.

Pada penelitian terbaru ditunjukkan, anggur sebagai salah satu buah yang membantu menyegarkan pikiran.

Vitamin dan rasa segar dari pada buah anggur bahkan bisa membuat otak semakin cerdan. Kemampuan mengingat yang Anda miliki akan semakin baik, dan juga bisa bikin bahagia.

Nah itu tadi adalah berbagai manfaat yang bisa Anda petik dari buah anggur merah, meskipun memiliki bentuk yang kecil namun manfaatnya amat besar bagi kesehatan manusia.

Sumber: Merdeka.com

Halaman Awal


CLOSE ADS
CLOSE ADS